Salat Tobat Lengkap: Tata Cara, Doa, dan Terjemahannya

- Rabu, 1 September 2021 | 12:09 WIB
Ilustrasi memohon doa setelah salat tobat.. (Istimewa)
Ilustrasi memohon doa setelah salat tobat.. (Istimewa)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Setiap manusia pasti punya kesalahan. Karena itu, memohon ampun kepada Sang Pencipta menjadi hal yang sering dilakukan oleh umat beragama. Apalagi setelah kita melakukan kesalahan, melakukan tobat membuat hati tenang. Tobat bermakna kembali kepada Allah SWT, mengakui kesalahan, dan berjanji tidak akan mengulanginya.

Di dalam agama Islam terdapat salat tobat, yakni salat dua rakaat yang bertujuan untuk bertobat kepada Allah atas dosa yang sudah dilakukan. Terkait salat tobat ini Rasulullah Saw. bersabda yang artinya, “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertobat (HR. Ibnu Majah).”

Untuk itu, umat muslim perlu memahami bagaimana salat tobat, tata cara, dan waktu terbaik menjalankannya.

Niat Salat Tobat
Melansir NU Online dan Suara.com, Imam Nawawi menjabarkan salat tobat dilakukan sebelum seseorang benar-benar bertobat kepada Allah SWT. Adapun bacaan latin niat salat tobat adalah sebagai berikut:

“Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala.”
Artinya: saya niat salat sunah tobat dua rakaat karena Allah.

Tata Cara Salat Tobat
Tata cara salat tobat sama seperti salat sunah pada umumnya, yaitu salat dua rakaat. Bacaan wajib di setiap rakaat adalah Alfatihah kemudian dilanjutkan dengan surah-surah pendek.

Setelah selesai salat dua rakaat, dilanjutkan bertobat dengan membaca istighfar yang disertai dengan penyesalan, tekad kuat untuk menjauhkan diri dari perilaku dosa, dan tidak akan mengulanginya lagi.

Rasulullah Saw. pernah mencontohkan doa salat tobat sebagai berikut:

“Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.”

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X