3 Infeksi Telinga dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

- Minggu, 12 September 2021 | 13:45 WIB
Telinga. (Pixabay)
Telinga. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Siapa pun bisa mengalami infeksi telinga. Namun gejalanya berbeda tergantung bagian mana yang terasa sakit.

Dilansir dari medicinenet.com ada 3 infeksi telinga yang biasa dialami sebagian orang.

1. Swimmer's Ear (Infeksi Telinga Luar)

Infeksi saluran telinga (telinga luar) kadang-kadang disebut sebagai telinga perenang. Namanya berasal dari fakta bahwa itu paling sering terjadi ketika saluran telinga tetap basah cukup lama untuk bakteri atau organisme lain tumbuh.

Adapun penyebab telinga perenang adalah kulit yang melapisi saluran telinga dan telinga luar menawarkan perlindungan terhadap infeksi dari bakteri dan jamur.

Namun, ketika penghalang kulit ini rusak, bakteri atau jamur dapat menyerang telinga dan menyebabkan infeksi.

Infeksi telinga ini dikenal sebagai telinga perenang atau infeksi telinga luar. Telinga perenang dapat disebabkan oleh terlalu banyak uap air di saluran telinga atau karena memasukkan sesuatu terlalu dalam ke dalam telinga.

Berenang atau mandi menyebabkan lingkungan asam di saluran telinga berubah, yang memungkinkan bakteri atau jamur menyerang telinga.

Lapisan liang telinga juga bisa rusak karena tergores atau terluka karena kapas atau benda lain saat dimasukkan ke dalam telinga.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Head To Head Persib vs Borneo FC Siapa Paling Dominan?

Kamis, 23 September 2021 | 11:28 WIB

Tata Cara Salat Tahajud dan Doa Setelahnya

Rabu, 22 September 2021 | 12:18 WIB
X