Penyebab Terjadinya Kram Otot Rangka

- Minggu, 12 September 2021 | 17:39 WIB
Kram Otot. (Freepik)
Kram Otot. (Freepik)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Otot-otot yang ada di tubuh terkadang kram secara tiba-tiba yang menimbulkan rasa sakit luar biasa. Hal itu tentu tidak diharapkan oleh siapapun.

Keram otot dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja dan dapat terjadi berulang kali meski telah dihindari.

Dilansir dari medicinenet.com, Minggu 12 September 2021 berikut penjelasan kram otot.

Kram otot adalah otot yang berkontraksi secara paksa dan tidak disengaja yang tidak berelaksasi.

Ketika Anda menggunakan otot-otot yang dapat dikendalikan secara sukarela, seperti otot-otot lengan dan kaki, otot-otot tersebut berkontraksi dan rileks secara bergantian saat Anda menggerakkan anggota tubuh.

Otot-otot yang menopang kepala, leher, dan batang tubuh berkontraksi dengan cara yang sama untuk mempertahankan postur. Otot (atau bahkan beberapa serat otot) yang berkontraksi tanpa disengaja (tanpa disadari) berada dalam "kejang".

Jika kejang kuat dan berkelanjutan, itu menjadi kram. Kram otot sering menyebabkan pengerasan yang terlihat atau teraba pada otot yang terlibat.

Kram otot dapat berlangsung dari beberapa detik hingga seperempat jam atau terkadang lebih lama. Tidak jarang kram terjadi berulang kali sampai akhirnya sembuh.

Kram mungkin melibatkan bagian dari otot, seluruh otot, atau beberapa otot yang biasanya bekerja bersama, seperti yang melenturkan jari-jari yang berdekatan. Beberapa kram melibatkan kontraksi simultan otot yang biasanya menggerakkan bagian tubuh ke arah yang berlawanan.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Sastra Sunda: MAPAG UDAT-UDAT BALEBAT

Rabu, 15 September 2021 | 11:50 WIB

Penyebab Terjadinya Kram Otot Rangka

Minggu, 12 September 2021 | 17:39 WIB

Pesona Gunung Salak Yang Penuh Kisah Mistis

Kamis, 24 Juni 2021 | 14:13 WIB

6 Ikan Cupang Termahal di Dunia

Rabu, 5 Mei 2021 | 14:58 WIB
X