Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Doa yang Benar

- Selasa, 21 September 2021 | 14:23 WIB
Ilustrasi berdoa. (Ilustrasi)
Ilustrasi berdoa. (Ilustrasi)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Setiap kali menginginkan sesuatu, kita harus meminta kepada Allah SWT. Sebagai seorang muslim, jika keinginan itu lekas terkabul dianjurkan melaksanakan salat hajat. Selain itu, salat hajat sendiri merupakan ibadah yang dilakukan ketika seseorang menginginkan jodoh, karir, rezeki, atau perlindungan.

Untuk menjalankan salat hajat, wajib hukumnya sesuai dengan syariat Islam. Hal tersebut tercantum dalam hadis Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bunyinya seperti berikut: Ketika orang menginginkan sesuatu dia harus menyempurnakan wudhu-nya lalu kerjakan salat hajat dua rakaat, maka cepat atau lambat Allah akan mengabulkan.

Untuk mengerjakan salat hajat, tentu tidak boleh asal-asalan. Ada hal yang mesti dilakukan agar memenuhi aturan yang sudah ditetapkan. Yakni orang tersebut tidak boleh berhalangan kalau wanita tidak boleh haid atau nifas.

Perhatikan tata caranya seperti berikut ini:
Wudhu dan Niat
Sebagai langkah pertama,  Anda harus menghadap Allah dalam keadaan bersih dan suci baik dari hadas kecil maupun besar, yakni dengan berwudhu. Setelah itu, Anda harus menyiapkan untuk salat dan membaca niat salat: usholli sunnata; haajati rak’ataini lillaahi ta’ala. Yang artinya: aku berniat salat hajat dua rakaat karena Allah ta’ala.

Baca Doa Iftitah dan Alfatihah
Setelah membaca niat salat hajat, selanjutnya takbiratul ikhram dan dilanjutkan membaca doa iftitah. Jika sudah, dilanjutkan dengan membaca al-Fatihah dan surat pendek yang Anda hafal. Hampir sama seperti salat pada umumnya, Anda harus melakukannya dengan khusyuk dan benar. Kemudian, pada rakaat kedua juga lakukan hal yang sama seperti itu.

Membaca Surat Pendek
Bacalah surat pendek yang Anda hafal, tidak perlu memakai surat yang panjang, tetapi jika Anda hafal, bisa juga untuk membacanya. Baik pada rakaat pertama maupun rakaat kedua baca surat pendek yang berbeda seperti surat al-Ikhlas, surat an-Nass, surat al-Kafirun atau ayat Kursi. Pilih surat yang biasa Anda gunakan dalam rakaat salat lima waktu.

Dalam tata cara salat hajat lengkap dan doa setelah salat hajat tidak ada aturan khusus tentang surat apa yang mesti dibacakan.

Rukuk dengan Tuma’ninah
Setelah membaca surat pendek, Anda lakukan rukuk dengan tuma’ninah. Maksudnya dengan khusyuk dan mengikuti aturan yang benar, lakukan juga di rakaat pertama dan kedua. Kemudian baca bacaan rukuk yakni “subhaana rabbiyal’adhimi wabihamdihi,” baca berulang sampai tiga kali kemudian bangun.

I’tidal dengan Tuma’ninah
Setelah bangun dari rukuk namanya gerakan i’tidal di mana Anda harus melakukannya dengan tuma’ninah atau sesuai aturan juga. Lakukan hal yang sama baik dalam rakaat pertama maupun rakaat kedua. Bacaan i’tidal, yaitu: “robbannaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du” kemudian lakukan takbir dan sujud.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: Ayocirebon.com

Tags

Terkini

Jadwal Acara TV RCTI, Sabtu, 23 Oktober 2021

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:44 WIB
X