Tata Cara Salat Tahajud dan Doa Setelahnya

- Rabu, 22 September 2021 | 12:18 WIB
Seorang Muslim sedang Salat (Ilustrasi/Pixabay)
Seorang Muslim sedang Salat (Ilustrasi/Pixabay)

AYOPURWAKARTA.COM -- Salat Tahajud adalah salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Tata cara salat Tahajud sama seperti salat sunnah pada umumnya, tetapi dikerjakan harus setelah tidur.

Salat Tahajud dianggap sebagai ibadah salat sunnah yang paling istimewa, sebab disebutkan dalam Alquran: siapa yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.

Waktu Salat Tahajud

Salat Tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah Isya' sampai masuknya waktu subuh. Walaupun begitu, ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan salat Tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir.

Baca Juga: Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Doa yang Benar

Doa Setelah Salat Tahajud

Doa setelah salat Tahajud tidak kalah pentingnya dari salat Tahajud itu sendiri. Karena doa salat Tahajud itu selalu menyertai salat tahajud Rasulullah SAW. 

Doa Tahajud Rasulullah SAW ini berisi pujian, pengakuan, dan sekaligus permohonan ampunan. Berikut ini doanya seperti dilansir NU Online:

اَللهُمََّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X