Tata Cara Salat Dhuha dan Doa Setelahnya

- Jumat, 24 September 2021 | 11:01 WIB
Sholat Dhuha mempunyai banyak keutamaan (ilustrasi Ayobandung)
Sholat Dhuha mempunyai banyak keutamaan (ilustrasi Ayobandung)

AYOPURWAKARTA.COM -- Salat Dhuha merupakan salah satu amalan salat sunnah yang istimewa. Sebab, terdapat beberapa keutamaan dalam salat sunnah Dhuha ini.

Banyak sekali dalil dalam Hadis yang menunjukkan keutamaan salat Dhuha. Salah satunya adalah sarana untuk memohon ampunan dosa.

Hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa, "Siapa yang membiasakan (menjaga) salat Dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

Salat Dhuha juga memiliki keutamaan, termasuk bagian dari sedekah. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Muhammad Saw. bersabda:

“ Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat."

Niat dan Tata Cara Salat Dhuha Lengkap dengan Bacaan Doa Sesuai Sunnah

Tata cara salat Dhuha sebenarnya sama seperti salat sunnah lain pada umumnya, yaitu salat dua rakaat dengan satu salam. Perbedaan tata cara salat Dhuha dari salat sunnah lainnya terletak pada bacaan niat, doa, dan waktunya.

Salat sunnah Dhuha paling sedikit dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Namun, sebagian ulama tidak membatasi harus 2 rakaat. Ada yang mengatakan 12 rakaat, ada yang yang mengatakan bisa lebih banyak lagi hingga waktu dhuha habis.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri kadang mengerjakan sholat dhuha 4 rakaat. Tetapi beliau pernah melaksanakan shalat dhuha hingga 8 rakaat. Ini sesuai dengan hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berikut:

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: ayopurwakarta.com

Tags

Terkini

Jadwal Acara TV RCTI, Sabtu, 23 Oktober 2021

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:44 WIB
X