Agar Doa Dikabulikan, Ucapkan 3 Hal Penting Ini

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:37 WIB
 Ilustrasi berdoa; Sebelum berdoa ucapkan tiga hal penting ini agar doa dapat didengar dan segera terkabul. (Shutterstock)
Ilustrasi berdoa; Sebelum berdoa ucapkan tiga hal penting ini agar doa dapat didengar dan segera terkabul. (Shutterstock)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Setiap Muslim dalam kehidupan dunia ini tentu memiliki masalah. Ketika dihadapkan pada masalah besar, atau saat tidak menghadapi masalah sekalipun, doa menjadi hal terpenting sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW pun telah memberikan panduan kepada umatnya bagaimana tata cara berdoa yang baik.

Tentu agar doa tersebut segera dikabulkan. Ada tiga hal yang perlu diucapkan sebelum menyampaikan permohonan doa:

  • Pertama ialah awali doa dengan terlebih dulu mengagungkan Allah Yang Maha Esa, sebagaimana yang diajarkan dalam Islam.
  • Kedua, yaitu memuji Allah Yang Mahatinggi.
  • Ketiga ialah mendoakan atau bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Keempat, barulah sampaikan permohonan atau doa kepada Allah SWT mengenai apa yang dibutuhkan.

Rasulullah SAW pernah mendengar seorang laki-laki berdoa dalam salatnya tapi tidak mengagungkan Allah SWT dan juga tidak bershalawat kepada Nabi SAW. Lalu beliau berkata, "Orang ini terburu-buru."

Baca Juga: Tata Cara Salat Tahajud dan Doa Setelahnya

Lantas Nabi SAW memanggil orang tersebut, dan bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian melaksanakan salat, maka hendaknya (pertama) memulai dengan mengagungkan Tuhannya Yang Maha Agung dan Perkasa, (kedua) dengan memuji kepada-Nya, (ketiga) dengan bershalawat kepada Nabi SAW, (keempat) kemudian berdoa dengan apa yang ia inginkan." (HR Abu Dawud)

Tata cara tersebut dapat dikatakan sebagai rumus agar doa terkabul. Maka doa yang diucapkan dengan tata cara seperti itu lebih mungkin dikabulkan Allah SWT. Doa adalah salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan.

Karena itu, siapa yang ingin doanya dikabulkan sekaligus diringankan berbagai persoalan yang menderanya, maka sebaiknya memperhatikan empat hal yang dianjurkan Nabi SAW tersebut.

Baca Juga: Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Doa yang Benar

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X