Bupati Purwakarta Tegaskan DPT Pilkades 2021 Tidak Dapat Diubah

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 14:45 WIB
[Ilustrasi Pilkades serentak] Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mendapat kepastian jadwal lanjutan tahapan pemilihan kades (Pilkades) di 41 desa. (Ayobandung.com)
[Ilustrasi Pilkades serentak] Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mendapat kepastian jadwal lanjutan tahapan pemilihan kades (Pilkades) di 41 desa. (Ayobandung.com)



PLERED, AYOPURWAKARTA.COM -- Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 tidak dapat diubah. Hal itu disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat ditemui usai meresmikan Teras Madukara di Kecamatan Plered, Purwakarta, 5 Oktober 2021.

"DPT tidak dapat diubah meski Pilkades ditunda," kata Anne Ratna Mustika.

Dia menjelaskan, DPT tidak dapat diubah berdasarkan surat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terkait penundaan Pilkades. Dalam surat tersebut, tercantum tidak boleh mengubah tahapan, sementara DPT itu masuk pada ranah tahapan.

Baca Juga: LBH GP Ansor Purwakarta Minta DPMD Revisi SE Pilkades

"Jika pun ada penambahan artinya mengubah DPT, sementara berdasarkan surat Permendagri tidak diperkenankan mengubah tahapan," ujar Anne menegaskan.

Dia mengatakan, penundaan Pilkades 2021 hanya memindahkan pelaksanaan pencoblosan dari waktu semula ke tanggal yang sudah disesuaikan. "Sejauh ini pencoblosan masih mengacu pada surat sebelumnya, belum ada revisi walaupun ada kita akan mengikutinya," kata Anne Ratna Mustika.

Sebelumnya, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Purwakarta meminta Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta mencabut revisi surat edaran nomor 140/Kep.429-DPMD/2021 yang menyatakan bahwa DPT pada Pilkades 2021 tidak berubah juga tidak ada penambahan anggaran untuk panitia.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X