Nunggak Angsuran, Leasing Ambil Motor Milik Debitur saat Dipakai

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:45 WIB
Sepeda motor milik IM yang ditarik leasing. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Sepeda motor milik IM yang ditarik leasing. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Sepeda motor milik debitur berinisial IM (25) ditarik perusahaan pembiayaan kreditur di Simpang Sadang Kabupaten Purwakarta, Rabu 13 Oktober 2021 sore.

Penarikan dilakukan saat kendaraan tengah dipakai IM untuk bekerja di wilayah Purwakarta.

"Iya memang belum membayar angsuran tiga bulan terakhir. Tapi sebelumnya sudah ada komunikasi dengan pihak leasing akan dilakukan penulasan khusus," ujar dia usai ditarik sepeda motor oleh pihak perusahaan pembiayaan FIF Cikampek Karawang.

Pelunasan khusus merupakan solusi untuk menyelesaikan pembayaran yang sudah direncanakan IM dengan pihak Debt Collector dari FIF Cikampek selaku pembiayaan kreditur, namun baru akan dilakukan pada akhir bulan Oktober 2021 setelah memiliki cukup uang.

Akan tetapi, lanjut dia belum sampai pada akhir Oktober motor tersebut ditarik oleh Debt Collector ketika digunakan di wilayah Simpang Sadang, Kabupaten Purwakarta.

"Dulu saya juga pernah ditarik sekitar September masih di wilayah Purwakarta, setelah penarikan pertama itu unit masih bisa dibawa pulang dengan kesepakatan akan dilakukan pelunasan khusus akhir bulan Oktober ini. Tapi orang berjumlah enam orang kembali mencegat di Simpang Sadang lalu membawanya bersama sepeda motor ke Kantor Cabang FIF Cikampek," kata IM.

Sementara itu, pihak manjeman FIF Cikampek, Karawang, Hendra menyampaikan yang bersangkutan tetap harus membayar tunggakan pembayaran bulananan."Dibayar saja angsurannya yang lima bulan pak," ujar dia kepada awak media.

Diketahui, penarikan kendaraan harus menempuh sejumlah tahapan dan tidak bisa dilakukan di tengah jalan.

Hal itu diakui Wakil Ketua Komisi 2 Badang Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI, Bidang Komunikasi dan Edukasi, Firman Turmantara Endipradja.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X