5 Pesantren Khusus Putri di Indonesia, Salah Satunya Tak Berikan Hukuman!

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:35 WIB
Ilustrasi santri perempuan. (Ayobandung.com)
Ilustrasi santri perempuan. (Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Pesantren masih jadi pilihan orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Menjaga pergaulan bebas sampai memandirikan anak jadi alasan mereka untuk memberi titel santri pada anaknya.

Namun, memilih pesantren yang cocok dan sesuai kriteria tentu bukan perkara mudah, termasuk pesantren khusus putri.

Baca Juga: PROFIL PESANTREN: Khatamkan Kitab, Ponpes Minnatul Huda Ngalap Berkah di Bulan Suci Ramadan

Bagi orang tua yang memiliki anak perempuan dan masih bingung memilih pesantren, berikut 5 pesantren khusus putri yang tersebar di Indonesia yang barangkali cocok:

1. Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung

Aisyiyah Boarding School Bandung merupakan pesantren khusus putri yang terdiri dari jenjang SMP dan SMA. Pesantren ini mengusung tema pendidikan 6 tahun.

Hal unik dari pesantren ini, yakni bagi santri yang melanggar tak beri hukuman. Para santri hanya diminta melakukan pembiasaan positif dan konsekuensi logis pada praktik kesehariannya. Selain itu, keseimbangan antara pelajaran umum dan pesantren juga menjadi hal menarik lainnya dari pesantren ini.

Pesantren khusus putri ini terletak di jalan Terusan Rancagoong II no 1 Kota Bandung untuk jenjang SMP. Sedangkan SMA-nya berada di jalan Laswi Nomor 308 Baleendah, Kabupaten Bandung.

2. Pesantren Gontor Putri

Pesantren khusus putri ini berdiri sejak tahun 1900-an ini berlamat di Jl. Nasional 15, Kedungmiri, Sambirejo, Kec. Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X