Mendagri Terbitkan Kebijakan Libur Nataru, Ini yang Disampaikan Bupati Purwakarta

- Senin, 29 November 2021 | 19:04 WIB
Mendagri Terbitkan Kebijakan Libur Nataru, Ini yang Disampaikan Bupati Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Mendagri Terbitkan Kebijakan Libur Nataru, Ini yang Disampaikan Bupati Purwakarta. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM - Menteri Dalam Negeri mengeluarkan surat intruksi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Dalam surat intruksi tersebut terdapat sejumlah poin yang harus ditaati para kepala daerah mulai 24 Desember sampai 2 Januari 2021, di antaranya melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pemangku kepentingan lain, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, pengelola hotel, pengelola tempat Wisata, mall dan pelaku usaha serta pihak lain yang dianggap perlu sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah dalam rangka pencegahan dan penegakan disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membenarkan adanya surat Menteri Dalam Negeri menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga: Cakades di Purwakarta Bersama 3 Rekannya Curi Modul Monitor Borfile Alat Berat

"Arahan secara langsung sudah disampaikan bahwa kita akan menerapkan PPKM level 3 pada Natal nanti, tapi dalam bentuk surat masih menunggu. Jika nanti suratnya diterima secara resmi akan ditindaklanjuti bersama dengan Satuan Gugus Tugas Covid-19," ujar Anne, Senin 29 November 2021.

Anne juga belum bisa memastikan PPKM level 3 itu kapan akan dimulai diberlakukan, mengingat surat tersebut belum diterima secara resmi. "Belum tahu, karena suratnya belum kita terima jadi belum ada acuannya," kata Anne.

Ia menjelaskan, sebetulnya PPKM level 3 yang diberlakukan hari ini ada beberapa kelonggaran yang dibuat kebijakan. Akan tetapi jika acuannya sesuai surat Menteri Dalama Negeri jelas pembatasannya banyak.

Baca Juga: 4 Pelaku Spesialis Curanmor Dibekuk Polres Purwakarta

"Kebijakan pelonggaran ini bukan berarti tidak sesuai dengan Irmendagri, tapi salah satu upaya mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, yang penting prokes tetap dijalankan," ujar Anne.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dampak Jangka Pendek dan Panjang Anak Kurang Tidur

Jumat, 31 Desember 2021 | 21:24 WIB

Bupati Purwakarta Lantik Kades Linggasari Hasil PAW

Rabu, 29 Desember 2021 | 18:07 WIB

Harga Telur Naik, Peternak di Purwakarta Senang

Rabu, 29 Desember 2021 | 17:19 WIB
X