Gelar Festival Holtikultura, Bupati Purwakarta : Sektor Pertanian Andalan Hadapi di Masa Pandemi

- Senin, 20 Desember 2021 | 16:36 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam Festival Holtikultura di Kebun Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu berlokasi di Desa Parakan, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Senin, 20 Desember 2021. )AYopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam Festival Holtikultura di Kebun Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu berlokasi di Desa Parakan, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Senin, 20 Desember 2021. )AYopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

KIARAPEDES, AYOPURWAKARTA.COM - Sektor pertanian menjadi andalan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Pada triwulan III sampai 2021 ini sektor pertanian tumbuh 1,35 persen.

Hal tersebut disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada acara Festival Holtikultura di Kebun Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu berlokasi di Desa Parakan, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Senin, 20 Desember 2021.

"Acara ini merupakan salah satu perwujudan dari upaya Kabupaten Purwakarta dalam pengembangan hortikultura melalui kerjasama dengan PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun," kata Anne.

Baca Juga: Kades Jatimekar Purwakarta Terancam Kehilangan Jabatannya

Menurutnya, Kementerian Pertanian terus melakukan penataan sentra-sentra produksi di kabupaten dan kota penyangga ibukota dengan tujuan agar pasokan dan harga komoditas yang rentan menyumbang inflasi bisa terjaga stabil sepanjang tahun.

Selain mematok target peningkatan produksi hingga 7 persen per tahun, kementan juga terus mengkampanyekan gerakan produksi ramah lingkungan, yakni gerakan dorong produksi, daya saing dan ramah lingkungan hortikultura (Gedor Horti) yang merupakan gerakan terpadu yang mengkombinasikan berbagai strategi untuk menggolkan target peningkatan produksi komoditas strategis sebesar 7 persen per tahun.

"Fokus utamanya mengamankan ketersediaan dan harga komoditas strategis seperti cabai dan bawang merah," ujar Anne.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 Omicron Ditemukan di Indonesia, Bupati Purwakarta : Perketat Aktivitas Warga

Pada 2021 ini, lanjut Anne, subsektor hortikultura di Kabupaten Purwakarta mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Rumah Produksi Higienis sebanyak 2 unit yaitu di Desa Salem Kecamatan Pondok Salam dan Desa Wanawali Kecamatan Cibatu, Kumbung Jamur sebanyak satu unit di Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru, kawasan cabai seluas 30 hektar di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan, Kawasan Bawang Merah seluas 30 hektar di Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong, kawasan durian seluas 20 hektar di Desa Salem dan Tanjung Sari, Kecamatan Pondoksalam.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dampak Jangka Pendek dan Panjang Anak Kurang Tidur

Jumat, 31 Desember 2021 | 21:24 WIB

Bupati Purwakarta Lantik Kades Linggasari Hasil PAW

Rabu, 29 Desember 2021 | 18:07 WIB

Harga Telur Naik, Peternak di Purwakarta Senang

Rabu, 29 Desember 2021 | 17:19 WIB
X