Bocah di Purwakarta Mengidap Hidrosefalus, Ini Komentar Kades Depok

- Kamis, 30 Desember 2021 | 22:05 WIB
Bocah di Purwakarta Mengidap Hidrosefalus, Ini Komentar Kades Depok. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Bocah di Purwakarta Mengidap Hidrosefalus, Ini Komentar Kades Depok. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

DARANGDAN, AYOPIRWAKARTA.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini menengok seorang anak bernama Bayu Ardiansyah di Kampung Nanggeleng Rt01/01, Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, yang lemah akibat mengidap penyakit hidrosefalus, Kamis 30 Desember 2021.

Perempuan akrab disapa Risma itu didampingi pihak medis, Dinas Sosial Purwakarta, pihak Kecamatan Darangdan juga pihak desa setempat selama melihat kondisi kesehatan Bayu.

Berdasarkan keterangan pihak desa setempat, Bayu Ardiansyah mengidap penyakit hidrosefalus sejak lahir dan mendapat perhatian dari pemerintah desa untuk kesembuhan penyakit yang dideritanya.

"Sebetulnya kami tidak tinggal diam, pernah kita bawa ke RS Siloam sebanyak enam kali," ujar Kepala Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Hamdani, Kamis 30 Desember 2021.

Ia mengatakan, Bayu kemudian dirujuk ke RSHS Hasan sadikin Bandung dan dirawat selama tiga bulan agar kondisinya membaik. Sepulang di Bandung kemudian mendapat perawatan tim medis dari rumah sakit terdekat. "Mobilisasi di selama ke Bandung menggunakan ambulan desa. Bayu punya BPJS mandiri," kata Hamdani.

Hamdani mengucapkan terimakasih karena warganya mendapat perhatian dari pemerintah pusat langsung, dan mendorong untuk percepatan kesembuhan Bayu Ardiansyah. "Bantuan-bantuan yang diberikan dari Kemensos maupun dari semua pihak juga saya ucapkan terimakasih," kata dia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini diketahui akan membantu sampai Bayu Ardiansyah bisa mandiri, tidak bergantung pada orang sekitar karena kondisinya mudah-mudahan masih bisa disembuhkan.

Untuk asupan nutrisi, Bayu hanya bisa minum susu dan makan makanan bayi. Bayu sudah menjalani enam kali operasi dan sudah terpasang VP Shunt untuk mengurangi cairan otaknya. Saat ini Bayu membutuhkan kontrol ke rumah sakit untuk mengecek kondisi dan pemasangan VP Shunt tersebut.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X