Melalui Program YES, Yamaha Bangun SDM Berkualitas Siap Kerja

- Kamis, 28 Juli 2022 | 22:53 WIB
Yamaha membangun SDM Berkualitas Siap Kerja melalui Yamaha Engineering School (YES) untuk lulusan SMK.
Yamaha membangun SDM Berkualitas Siap Kerja melalui Yamaha Engineering School (YES) untuk lulusan SMK.

AYOPURWAKARTA.COM - PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyelenggarakan program training untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas siap kerja. Training ini bernama YES atau Yamaha Engineering School.

Koordinator After Sales DDS II Jawa Barat Doddy Nur Susanto mengatakan, di Jawa Barat khususnya Kota Bandung, YES dimulai sejak 2007. Pada tahun ini merupakan YES angkatan ke-XIV dengan peserta berjumlah 12 siswa.

12 siswa itu didapatkan dari hasil seleksi dai 382 pendaftar. 382 ini kemudian diseleksi dengan tes psikotes, dan hasil dari psikotes sisa 54 orang. Dari 54 orang, diseleksi lagi dengan wawancara/interview dan hasilnya 12 orang.

"Tujuan YES ini adalah CSR kita untuk anak-anak lulusan dari SMK, yang memang ingin menambah lagi skillnya mengenai sepeda motor selama 4,5 bulan. Kemudian setelah itu baru nanti kita adakan lagi rekrutmen untuk flagship, jadi siap kerja, dan juga kerja di beberapa dealer-dealer kita," kata Doddy Nur Susanto di Yamaha Flagsip Shop Bandung, Kamis, 28 Juli 2022.

12 siswa itu akan dibekali teori seputar pengatahuan sepeda motor selama 1,5 bulan, 1,5 bulan praktik, dan 1,5 bulan OJT di bengkel resmi Yamaha.

Program YES dibina langsung oleh instruktur Yamaha berkualitas dengan kurikulum dan fasilitas pelatihan yang lengkap, serta tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Dengan misi sosial itulah, dalam perkembangannya YES berhasil meraih President Award di Jepang sebagai program terbaik CSR tingkat dunia pada 2006.

"(Setelah lulus) peserta mendapat sertifikat khusus, brown. Jadi dia tidak usah training lagi begitu dia masuk bekerja di dealer, karena dia sudah dianggap paham dasarnya, sehingga bisa lanjut ke pelatihan silver," ungkapnya.

"Sertifikat ini bisa diakui ke Jepang, dan perusahaan-perusahaan Yamaha juga sudah pada tahu," katanya melanjutkan.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X