Satgas Citarum Bakal Mengeruk 4 Sungai di Sektor 13

- Rabu, 29 Januari 2020 | 19:39 WIB
Rapat Koordinasi pengerukan sedimentasi sungai di wilayah sektor 13. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
Rapat Koordinasi pengerukan sedimentasi sungai di wilayah sektor 13. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

TEGALWARU, AYOPURWAKARTA.COM -- Satgas Citarum Harum bakal melakukan pengerukan sedimentasi terhadap sejumlah anak Sungai Citarum yang ada di wilayah sektor 13.

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham mengatakan, pengerukan akan dilakukan di Sungai Cigalumpit Desa Tegalsari sepanjang 1,5 kilometer, Sungai Citarum di Desa Gandasoli 4 kilometer, Sungai Ciliunggunung Desa Liunggunung 1 kilometer, dan terakhir di Sungai Cilinggarsari di Desa Linggarsari sepanjang 3 kilometer.

Menurutnya, dari hasil pendataan dan koordinasi dengan pihak kepala desa, keempat sungai itu masuk dalam kategori layak dilakukan pengerukan.

"Rencananya dalam waktu dekat, sekitar awal Febuari 2020," kata Dansektor saat ditemui di Pos Sektor 13 yang berlokasi di Desa Cadassari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Rabu (29/1).

Dia menjelaskan, pengerukan dilakukan untuk percepatan pengendalian daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah kepala desa sebelum nanti pengerukan dilakuka.

"Untuk teknis pengerukan akan dilaksanakan secara bergantian," ujar dia.

Dia berharap, pengerukan sedimentasi ini akan memiliki dampak signifikan bagi program percepatan pengendalian DAS Citarum sebagai perintah presiden.

"Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin agar upaya pengembalian keasrian sungai Citarum ini segera terwujud," kata dia.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Pilkades 2021 Ditunda, Ini Kata Bupati Purwakarta

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:31 WIB
X