Keutamaan Hari Jumat dan 3 Amalan yang Dianjurkan

- Jumat, 26 Maret 2021 | 05:45 WIB
Ilutrasi membaca Alquran.
Ilutrasi membaca Alquran.

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM — Hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri dibanding hari-hari yang lain dalam satu pekan. Keutamaan hari ini dijelaskan sendiri oleh Nabi Muhammad Saw. di berbagai hadisnya.

Dikatakan antara lain, hari Jumat bertepatan dengan waktu diciptakan Nabi Adam AS dan waktu diwafatkannya, bahkan juga menjadi hari sangkakala ditiup sebagai tanda hari kiamat.

Karena keutamaan ini, Rasulullah SAW menganjurkan untuk giat melakukan berbagai amal kebaikan di hari yang juga digelari dengan sayyidul ayyam (tuan segenap hari). Beberapa amalan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak membaca Alquran, berdoa, dan shalawat. 

1. Memperbanyak bacaan Alquran

Membaca Alquran menjadi kebutuhan bagi seorang Muslim setiap harinya. Namun, membaca Alquran pada hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu hadis Nabi bahkan mengatakan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan membuat wajah pembacanya seperti disinari cahaya.

عن أبي سَعيدٍ الخُدريِّ عنِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتين

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi) 

2. Berdoa

Berdoa menjadi amalan yang tidak pernah luput bagi Umat Islam setiap harinya, setelah shalat bahkan di setiap aktivitasnya. Namun, berdoa pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri. Karena hari Jumat memiliki waktu yang dikatakan Nabi menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Pilkades 2021 Ditunda, Ini Kata Bupati Purwakarta

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:31 WIB
X