Menilik Pengolahan RO, Oleh-Oleh Khas Plered Purwakarta

- Rabu, 9 Juni 2021 | 13:47 WIB
Een Nuraeni saat menjemur kerupuk RO.
Een Nuraeni saat menjemur kerupuk RO.

PLERED, AYOPURWAKARTA.COM -- Selain gerabah keramik, di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta juga ternyata ada industri rumahan oleh-oleh khas Purwakarta, yaitu kerupuk RO. Camilan kerupuk RO ini diproduksi warga Desa Sempur, Kecamatan Plered, Purwakarta, dan sudah ada sejak dulu.
 
Salah seorang perajin kerupuk RO, Een Nuraeni, mengaku setiap hari produksi RO untuk memenuhi permintaan para konsumen baik dalam maupun luar kota. Dalam sehari, ia membuat bahan pokok RO tak kurang dari 70 sampai 80 kilogram bahkan bisa mencapai 100 kilogram jika permintaan meningkat. "Ini adalah usaha turun temurun. Saya adalah generasi ketiga terhitung 2011 lalu," kata dia, Rabu 9 Juni 2021.
 
Sejak pertama terjun, ia mengaku tidak kesulitan dalam mengelola kerupuk RO ini karena sebelumnya sudah belajar ketika masih dikelola Pak Sohibin, tak lain adalah mertuanya sendiri yang merupakan generasi kedua. Adapun teknis pengolahan kerupuk RO bermula membuat adonan terdiri dari tepung dan bumbu dapur seperti kencur dan bawang putih juga pewarna makanan untuk menentukan warna putih dan merah.
 
Setelah itu, adonan tersebut dicetak sesuai ukuran kemudian dijempur di bawah terik sinar matahari selama satu atau dua hari tergantung cuaca. Jika sudah kering, kemudian goreng tanpa minyak, melainkan dicampur dengan pasir sungai yang telah panas di atas tungku perapian. "Setelah itu, kerupuk RO dikemas lalu dipasarkan. Kita memilih digoreng tanpa minyak karena lebih tahan lama," kata Een.
 
Hasil penjualan kerupuk RO ini, ia mengaku mampu meraup omzet Rp1,5 sampai Rp2 juta per hari. "Kalau omzet dan keuntungan sih tidak menentu bagaimana permintaan. Saya produksi RO ini bantu para pekerja 9 orang merupakan warga setempat," ucap dia.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Pilkades 2021 Ditunda, Ini Kata Bupati Purwakarta

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:31 WIB
X