Ini Penjelasan Pemilik Warung di Purwakarta yang Viral di Medsos

- Rabu, 14 Juli 2021 | 14:59 WIB
Wina Amelia saat membereskan barang dagangan di warung miliknya. (Dede Nurhasanudin)
Wina Amelia saat membereskan barang dagangan di warung miliknya. (Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Ibu pemilik warung di Kabupaten Purwakarta yang viral di media sosial diketahui bernama Wina Amelia. Perempuan berusia 26 tahun itu menjelaskan awal mula tempat jualannya yang berlokasi di sekitar Stasiun Kereta Api Purwakarta terjaring razia petugas gabungan dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

 

"Kejadiannya kemarin Senin malam. Ketika suami sedang melayani pembeli, tiba-tiba petugas datang dan minta KTP saya dan suami. Saat itu yang jajan di sini hanya lima orang, tidak banyak kerumunan," ujar dia, Rabu, 14 Juli 2021.

Wina bersama suami telah mengikuti sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Purwakarta dan didenda Rp150.000. "Sidang sudah. Ini baru pulang. Didenda Rp150.000," kata Wina.

Disinggung dirinya viral di media sosial, dia mengaku mengetahuinya dari orang-orang terdekatkarena dia tidak memiliki akun media sosial selain WhatApp. "Awalnya tidak tahu. Saya tahu banyak yang bilang bahwa saya viral di media sosial,"  kata ibu tiga anak itu.

Dia mengaku berjualan di tengah pandemi Covid-19 cukup sulit. Penghasilan menurun. apalagi saat ini ada PPKM darurat. "Pas malam itu (didatangi petugas), saya dari pagi sampai malam hanya dapat uang Rp50.000. Mana mau menghadapi lahiran dan anak kedua masuk sekolah TK," ujar Wina.

Sebelumnya, diberitakan seorang ibu pemilik warung menahan tangis saat terjaring razia Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat viral di media sosial instagram Purwakartazamannow. Dalam video berdurasi 27 detik tersebut, ibu itu tampak mengenakan daster berwarna cokelat dan masker.

Sambil berdiri di depan pintu, dia mengeluhkan hidupnya bakal kesulitan jika warung terpaksa ditutup. Dalam video itu, juga terdengar suara seorang pria yang mengatakan usaha harus ditutup sedangkan risiko kita tidak ditutup, jalan ditutup.

"Saya ga punya BPJS. Sok siapa yang mau membiayai kalau saya gak buka usaha ini? Juga, cara menutup warung saya gimana, bapak? Saya kan ga punya rolling door," kata seorang ibu di dalam video viral tersebut sambil menahan tangis di depan seluruh petugas gabungan.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Pilkades 2021 Ditunda, Ini Kata Bupati Purwakarta

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:31 WIB
X