Bupati Anne Sampaikan Situasi Covid-19 di Purwakarta Setelah Diberlakukan PPKM Darurat

- Senin, 26 Juli 2021 | 17:06 WIB
Bupati Purwakarta  Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA. COM -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebut kondisi Purwakarta saat ini cenderung baik setelah diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Laju penyebaran Covid-19 menurutnya menurun terhitung 7 sampai 22 Juli 2020 meski ada kenaikan dari 22 sampai Juli 2021. "Hari ini turun 12 orang dan mudah-mudahan juga terus mengalami penurunan," ujar dia, Senin 26 Juli 2021.

Kemudian tracing juga meningkat dari minggu kemarin 30 persen hari ini 41 persen. Meski begitu, Anne menargetkan pada minggu depan harus lebih dari 50 persen sesuai target standar World Health Organization (WHO) yaitu 2.049 test per hari. "Hari ini baru mencapai kurang lebih 41 persen. Ini sudah ckup baik," kata Anne.

Disinggung mengenai keterisian BOR, Anne juga mengklaim terus mengalami penurunan walaupun tidak bisa juga distandarkan, mengingat BOR di rumah sakit tidak boleh menolak pasien asal luar kota.

Misalkan daerah tetangga zona merah kemudian mencari rumah sakit pasti ke Purwakarta yang hari ini zona oranye. Meski wilayahnya kecil, jumlah rumah sakitnya lumayan ada 10 rumah sakit. "Hari ini BOR kita 80, 4 persen per 25 Juli 2021 kemarin. Sudah sangat baik walaupun memang di atas 80 persen itu masih dirasa cukup tinggi. Tetapi kurpanya dari mulai diberlakukan PPKM Darurat kemudian level 4 terus menurun. Angka kesembuhan masih menjadi pekerjaan rumah kita hari ini," ucap dia.

Selain itu, Anne juga menyampaikan mengenai kebijakan perpanjangan penerapan PPKM Darurat sampai 2 Agustus 2021. Dia menyebut dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda, hanya saja protokol kesehatan lebih diperketat di semua aktivitas masyarakat, dengan standar yang ditingkatkan. "Misalkan tempat cuci tangan di pertokoan dan lainnya harus air mengalir, tentunya dilengkapi juga sabun. Itu yang hari ini gencar disosialisasikan oleh di ke pertokoan atau minimarket," ujar Anne.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Bumdes Subang Katalisator Pembayaran Pajak

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:14 WIB

Curhat PKL di Purwakarta Setelah PPKM Diperpanjang

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:59 WIB

Pilkades 2021 Ditunda, Ini Kata Bupati Purwakarta

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:31 WIB
X