Tips Bercocok Tanam Hidroponik Anti Gagal bagi Pemula

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:57 WIB
Eni Lestiorini salah seorang pegiat hidroponik di Purwakarta. (Dede Nurhasanudin)
Eni Lestiorini salah seorang pegiat hidroponik di Purwakarta. (Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Hidroponik adalah metode bercocok tanama tanpa menggunakan media tanah. Secara umum, bercocok tanam hidroponik adalah menggunakan air ditambah nutrisi agar tanaman tumbuh subur.

Hidroponik terkenal dengan kemudahannya dalam menanam sayuran. Bagi pemula yang tidak pernah belajar pertanian sama sekali, Anda tidak perlu khawatir karena metode hidroponik sangat mudah diaplikasikan oleh siapa pun.

Yang membuat hidroponik istimewa, metode penanaman ini tidak perlu punya lahan luas. Punya  lahan sempit pun jadi dengan memanfaatkan halaman rumah.

Salah seorang pegiat hidroponik di Kabupaten Purwakarta, Eni Lestiorini membagikan tips cara tanam sayuran dengan metode hidroponik. "Yang pertama, siapkan rockwool, benih, nutrisi, netpot dan juga instalasi," ujar dia, Rabu 25 Agustus.

Dia mengatakan, pemula terlebih dahulu harus mengenal teknik dasar tanam sayuran hidroponik terlebih dahulu, seperti jenis sayuran apa saja yang cocok di wilayah tempat tinggalnya.

Ketelatenan, keuletan, dan kesabaran juga perlu dimiliki karena biasanya pemula ketika melewati fase kegagalan mudah putus asa. "Tanamlah hidroponik jenis sayuran daun. Bagi pemula, bercocok tanam hidroponik dimulai dengan sayuran dedadaunan agar cepat panen. Hasilnya juga akan maksimal dan jarang gagal," kata perempuan akrab disapa Teh Eni itu.

Selain itu, perhatikan juga PPM, PH, kelembaban dan pengendalian hama agar hasil dari tanam hidroponik benar-benar maksimal. "Intinya mau belajar dan banyak konsultasi kepada rekan yang terlebih dahulu terjun ke hidroponik," ujar teh Eni.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Head To Head Persib vs Borneo FC Siapa Paling Dominan?

Kamis, 23 September 2021 | 11:28 WIB

Tata Cara Salat Tahajud dan Doa Setelahnya

Rabu, 22 September 2021 | 12:18 WIB
X