Manfaat Aplikasi Dumas Presisi yang Diluncurkan Mabes Polri

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 14:12 WIB
Dumas Persisi di aplikasi Play Store (istimewa)
Dumas Persisi di aplikasi Play Store (istimewa)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Mabes Polri telah meluncurkan aplikasi Pengaduan Masyarakat (Dumas) Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi).
Polres Purwakarta mulai menyosialisasikan aplikasi tersebut kepada masyarakat mengenai bagaimana manfaat dari aplikasi itu sendiri.

Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Purwakarta, Kompol Adi Fauzi menjelaskan, banyak manfaat dari inovasi Polri yang dituangkan melalui aplikasi Dumas Presisi ini, seperti menyampaikan pengaduan dan bisa melakukan pelaporan kinerja anggota Polri.

Melalui aplikasi Dumas Presisi juga masyarakat bisa mengetahui sejauh mana perkembangan penanganan kasus yang dilaporkan. "Aplikasi Dumas Presisi dapat diunduh di Play Store atau Google Play Store di smartphone masing-masing. Sekarang masyarakat lebih mudah menyampaikan laporan secara online," kata dia, Kamis 26 Agustus 2021.

Meski semakin mudah membuat laporan, perlu diperhatikan pula bahwa segala laporan yang diterima akan diklarifikasi terlebih dahulu melalui sejumlah tahapan.

Seperti mengenai kelengkapan identitas pelapor untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab membuat laporan palsu atau laporan bohong.  "Kalau identitas tidak terpenuhi tidak bisa masuk tahap kedua. Semuanya harus bisa terklarifikasi," ujar Kompol Adi Fauzi.

Aplikasi ini di Purwakarta masih disosialisasikan melalui Babinkamtibmas agar bisa langsung dipraktekan kepada masyarakat, dan Polri optimis program ini akan diterima dengan baik.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Head To Head Persib vs Borneo FC Siapa Paling Dominan?

Kamis, 23 September 2021 | 11:28 WIB

Tata Cara Salat Tahajud dan Doa Setelahnya

Rabu, 22 September 2021 | 12:18 WIB
X