Jual Sayur Basis Daring, Tren Usaha di Tengah Pandemi Corona

- Rabu, 6 Mei 2020 | 11:50 WIB
Proses packing sayuran oleh Gita. (dok. Gita)
Proses packing sayuran oleh Gita. (dok. Gita)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Sejak wabah virus corona merebak di Indonesia, banyak orang yang mulai merintis usaha daring untuk menambah penghasilan. Dengan hanya bermodalkan media sosial dan market place, mereka bisa menawarkan produknya ke para konsumen.

Salah satu usaha yang tengah digandrungi banyak orang, khususnya oleh anak muda di tengah pandemi ini adalah menjual bahan dapur secara daring.

Produk yang ditawarkan juga beragam, mulai dari berbagai macam sayur, buah-buahan, daging, hingga bumbu masak yang biasa dibeli masyarakat di pasar tradisional.

Keterbatasan ruang gerak masyarakat karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan social distancing, menjadi peluang bagi para pelaku usaha ini untuk mempromosikan jasanya menyediakan bahan dapur bagi setiap orang.

Gita (24) pegawai swasta di Bandung, sudah satu bulan ini merintis usaha menjual sayur dan bumbu masak secara daring.

"Baru 1 bulanan sih, lebih tepatnya menuju awal bulan Ramadan, mungkin sekitar pertengahan April," kata Gita saat dihubungi Ayobandung.com, Rabu (6/5/2020).

Pada mulanya, Gita memulai usaha ini sebagai sarana untuk menambah penghasilan selama pandemi berlangsung. Sebab, sudah beberapa bulan ke belakang, Gita mengaku tidak lagi menerima gaji utuh, karena sistem sif kerja yang diberlakukan oleh perusahaannya.

"Sekarang itu sistem kerjanya 3 hari kerja 3 hari libur, otomatis gaji saya pun dipotong jadi cuman dapat setengah dari gaji full-nya. Ini yang membuat saya ingin membuka usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan," ungkapnya.

Ketika ditanya mengapa memilih menjual bahan dapur dan tidak makanan jadi saja, Gita menjawab bahwa dia melihat peluang menjual bahan dapur dan sayuran segar ini cukup menjanjikan, terutama di tengah situasi PSBB Kota Bandung saat ini.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Performa dan Rencana Strategi bank bjb syariah 2021

Senin, 6 September 2021 | 15:49 WIB

UMKM Jabar Wajib Tahu! Ini Cara Daftar NIB Lewat OSS

Kamis, 19 Agustus 2021 | 23:40 WIB
X