Bulu Tangkis Indonesia Sukses Besar di Spain Master 2021

- Senin, 24 Mei 2021 | 14:34 WIB
Ganda Campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Badminton Spain)
Ganda Campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Badminton Spain)

HUELVA,  AYOPURWAKARTA.COM — Indonesia keluar sebagai juara umum di turnamen bulu tangkis Spain Masters 2021 yang berakhir hari Minggu, 23 Mei 2021. Empat gelar juara dan dua runner up berhasil disabet laskar Cipayung dalam pertandingan yang dihelat di Palacio de Deportes Carolina Marín, Huelva, Spanyol.

Memborong gelar juara di Spain Masters 2021 seolah menjadi obat pelipur lara bagi pencinta dan atlet bulu tangkis Indonesia. Pasalnya, turnamen ini menjadi satu-satunya turnamen BWF World Tour yang sukses diselenggarakan setelah All England 2021.

Sebagaimana diketahui, kontingen Indonesia di ajang All England 2021 mendapat kejutan pedih yang sulit diterima. Dalam ajang tiu, tim Indonesia dipaksa mundur setelah munculnya informasi bahwa mereka telah satu pesawat dengan orang yang disinyalir positif Covid-19.

Gelar juara Indonesia di  Spain Masters 2021, turnamen dengan total hadiah 140 ribu dolar AS itu, ditutup unggulan pertama ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Mereka sukses menundukkan pasangan Denmark, Niclas Nohr/Amalie Magelund dua gim langsung 21-18, 21-15.

Itu adalah sebuah final ideal, karena mempertemukan unggulan pertama dan kedua. Tetapi Rinov/Pitha mampu tampil garang dan tidak terlalu kesulitan untuk merebut gelar juara. "Alhamdulillah kami senang dan bersyukur atas hasil ini. Kami bisa memenuhi target pribadi dan pelatih," ujar Rinov dilansir dari PBSI, Senin 24 Mei 2021. "Kami mewaspadai pemain putranya (Niclas Nohr) karena dia pernah mengalahkan kami tahun 2020. Kami mengevaluasi itu dan mencari strategi terbaik untuk mengalahkan mereka. Tadi kami manfaatkan benar celah kelemahannya," lanjut Rinov.

Rinov/Pitha memang pernah dikalahkan Niclas Nohr di babak pertama Thailand Masters 2020 dengan skor 21-12, 16-21, 21-12. Saat itu Nohr berpasangan dengan Sara Thygesen.

Bagi Rinov, walau juara, ia tidak terlalu puas dengan performanya selama turnamen dihelat. "Saya masih merasa belum maksimal di turnamen ini. Walau juara, saya tidak cukup puas," kata Rinov.

"Tetapi beruntung saya punya pasangan seperti Tari (panggilan akrab Pitha Haningtyas Mentari). Saya apresiasi penampilannya yang sedang on fire. Saya berharap dia bisa konsisten seperti itu dan saya juga akan terus memperbaiki penampilan," tutur Rinov.

Rinov/Pitha sangat menyadari bahwa kemenangan ini sangat penting bagi karier mereka ke depan. "Kemenangan ini penting bagi kami. Ini bisa mengembalikan kepercayaan diri kami yang sempat menurun. Keputusan yang tepat memang kami turun di sini," kata Pitha. "Gelar juara ini untuk semua yang sudah mendukung kami, terus percaya pada kami dan semoga kami bisa lebih berprestasi ke depannya juga lebih siap bila harus turun kembali di level atas," tutup Pitha.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X