Inggris Vs Denmark, Italia vs Spanyol. Siapa Bertemu di Final?

- Senin, 5 Juli 2021 | 07:39 WIB
Logo Piala Eropa 2020. (istimewa)
Logo Piala Eropa 2020. (istimewa)

LONDON, AYOPURWAKARTA.COM -- Pentas Euro 2020 tinggal menyisakan empat negara, yaitu Inggris, Denmark, Italia, dan Spanyol. Inggris akan berjumpa Denmark Kamis dini hari WIB, 8 Juli 2021. Sementara, sehari sebelumnya, Rabu dini hari WIB, 7 Juli 2021, Italia akan berjumpa Spanyol. Kedua laga tersebut akan berlangsung, di Stadion Wembley, London, Inggris..

Inggris vs Denmark

Inggris melaju ke semifinal setelah mengalahkan Ukraina dengan skor meyakinkan 4-0. Sementara Denmark menyingkirkan Republik Ceko 2-1. Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate meminta skuad Inggris untuk mengakhiri kutukan di semifinal, dengan mengalahkan Denmark di Euro 2020. Inggris tak pernah merasakan berlaga di final lagi sejak 1966. Inggris telah gagal empat kali di semifinal kompetisi bergengsi sejak memenangi Piala Dunia pada 1966. Terbaru, Inggris kalah di semifinal Piala Dunia 2018 oleh Kroasia.

Namun, Southgate percaya pemainnya telah belajar dari kekecewaan jelang pertandingan Kamis, 8 Juli 2021 dini hari WIB nanti. ''Kami telah merobohkan begitu banyak kutukan atau hambatan yang dirasakan, dan saya merasa kelompok pemain ini akan merasa (pertandingan) ini hanyalah tantangan berikutnya,'' kata Southgate, dikutip dari Skysports, Senin, 5 Juli 2021.

Menurut Southgate, Harry Kane dkk tidak akan puas hanya dengan mencapai semifinal. Apalagi, meski masih menyimpan kekecewaan dari kegagalan di Piala Dunia tiga tahun lalu, Southgate yakin timnya akan berhasil membayar apa yang tidak bisa dicapai di Rusia tersebut. Apalagi, pemain muda Inggris saat ini telah mendapatkan lebih banyak pengalaman bersama timnas Inggris. Pemain Inggris, lanjut dia, telah merasakan bagaimana rasanya mengenakan jersey timnas. ''Itu sangat penting bagi generasi yang akan datang. Kami akan mendapatkan lebih banyak bakat jika kami dapat menjaga hubungan itu dengan para penggemar,'' ujar Southgate menjelaskan.


Italia vs Spanyol

Pertandingan antara dua kesebelasan terbaik dunia, timnas Spanyol versus timnas Italia, merupakan pertemuan ke-38 bagi kedua tim. Spanyol lolos ke fase semifinal usai mengalahkan timnas Swiss melalui adu penalti (3-1). Sedangkan timnas Italia berhasil menyingkirkan salah satu tim favorit timnas Belgia dengan skor 2-1.

Pada 37 pertandingan sebelumnya, termasuk pertandingan persahabatan, Spanyol mengoleksi 13 kemenangan, 13 seri, dan 11 kemenangan untuk Gli Azzurri, julukan Italia. Kedua tim terbilang sama-sama cukup produktif untuk urusan gol dengan catatan 51 gol.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 2018, bermain imbang 1-1, dan Spanyol menang 3-0. Seperti dilansir Football Italia, Ahad, 4 Juli 2021 dalam momen saat ini timnas Italia sedikit lebih meyakinkan lantaran tampil superior sejak kejuaraan berlangsung.

Melawan Spanyol, Italia menang tiga kali, imbang tiga kali, dan kalah tiga kali. Namun, hanya satu kemenangan Spanyol yang datang di waktu reguler. Momen itu terjadi pada final Euro 2012 dengan skor telak 4-0.

Dua kemenangan lain yang didapat Spanyol dari Italia berakhir lewat adu penalti, yakni semifinal Piala Konfederasi 2013, serta perempat final Euro 2008 silam. Adapun, kemenangan identik Italia terakhir kali atas Spanyol terjadi pada Euro 2016 dengan skor 2-0 berkat gol Giorgio Chiellini, serta Graziano Pelle.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X