Semifinal Euro 2020: Inggris Diunggulkan, Denmark Jangan Dipandang Sebelah Mata

- Selasa, 6 Juli 2021 | 11:52 WIB
Logo Piala Eropa 2020. (istimewa)
Logo Piala Eropa 2020. (istimewa)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Pertandingan semifinal Euro 2020 mempertemukan Inggris dengan Denmark. Pertandingan ini akan dihelat di Wembley Stadium, London, pada Kamis, 8 Juli 2021 02.00 WIB. Rekor clean sheet The Three Lions selama gelaran Euro 2020 menjadi modal berharga bagi tim asuhan Gareth Southgate itu. Terakhir, Harry Kane dan kawan-kawan menumbangkan Ukraina dengan skor telak 4-0 di fase perempat final.

Terlebih, kini The Three Lions "balik kandang" ke Wembley Stadium untuk melanjutkan perjuangan meraih trofi pertama Piala Eropa, setelah sebelumnya melawan Ukraina di Stadio Olimpico, Roma, pada Minggu, 4 Juli 2021 kemarin.

Catatan kemenangan juara Piada Dunia 1966 itu terbilang apik ketika bermain di kandangnya sendiri. Tiga pertandingan di fase grup berhasil diraih dengan dua kali kemenangan dan satu kali imbang. Lalu ketika 16 besar melawan tim kuat Jerman, Singa Inggris ini kembali menunjukkan taringnya dengan menang meyakinkan 2-0.

Sedangkan di kubu Denmark, tim asuhan Kasper Hjulmand harus jatuh bangun untuk sampai ke fase semifinal. Pasalnya, saat laga pembuka melawan Finlandia, Tim Dinamit harus kehilangan pemain andalan Christian Eriksen yang kolaps ketika pertandingan berada di ujung babak pertama. Pertandingan dihentikan sejenak, lalu dilanjutkan tanpa Eriksen. Denmark pun kalah 0-1 atas Finlandia. Kekalahan kedua saat menjamu Belgia. Kasper Schmeichel cs kalah 1-2. Masih berpeluang lolos, Tim Dinamit meledak saat laga penentuan melawan Rusia di akhir fase grup B. Denmark menang 4-1.

Mencetak 4 gol secara beruntun saat bersua Rusia (fase grup) dan 4-0 atas Wales di babak 16 besar, Denmark bisa menjadi ancaman tersendiri bagi lini belakang Inggris yang sampai saat ini masih suci. Sebelum melenggang ke empat besar, Martin Braithwaite dan kawan-kawan menyingkirkan Republik Ceko dalam babak perempatfinal dengan skor 2-1 di Stadion Olimpiade, Baku, Sabtu, 3 Juli lalu.

Meskipun tidak terlalu diunggulkan dalam partai semifinal,  Tim Dinamit bisa meledak dan berpotensi memberikan kejutan tersendiri bagi tim tuan rumah.

Titik kekuatan Inggris vs Denmark

Lini serang Inggris semakin tajam ketika Euro 2020 masuk ke fase gugur. Terlebih striker Tottenham Hotsup, Harry Kane baru memecahkan telurnya saat menjamu Jerman. Gol itu merupakan gol perdananya di gelaran Euro 2020. Harry Kane makin menunjukkan kapabilitasnya sebagai ujung tombak The Three Lions setelah mengemas dua gol ketika membungkam Ukraina 4-0 di perempat final.

Bukan hanya Harry Kane yang mesti diwaspadai, ada Raheem Sterling yang selama Euro 2020 juga berhasil menjadi penentu kemenangan The Three Lions. Lini tengah Inggris terbilang solid. Ada Declan Rise dan Kalvin Phillips, lalu Mason Mount sebagai playmaker, terbukti ganas saat menjamu Ukraina.

Namun, Tim Dinamit juga tidak berhak dipandang sebelah mata. Kasper Dolberg kini menjadi sorotan setelah pada perempat final dan 16 besar selalu mencetak gol bagi kemenangan Denmark. Di lini belakang, kapten Simon Kjaer tak perlu diragukan lagi akan kepemimpinannya. Meski kebobolan satu gol saat melawan Ceko,  selebihnya Ceko tak bisa menembus pertahanan Denmark yang dikawal oleh Simon Kjaer, Andreas Christensen, Jannik Vestergaard, dan gawang dijaga oleh Kasper Schmeichel.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X