Pengeluaran Selama Ramadan Lebih Boros, Ini Cara Mengatasinya!

- Kamis, 29 April 2021 | 10:33 WIB
Ilustrasi uang.
Ilustrasi uang.

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Pengeluaran kita di bulan Ramadan menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Lalu bagaimana cara menghemat pengeluaran selama Ramadan?

Padahal, Anda tadinya berpikir di bulan puasa ini bisa lebih hemat pengeluaran karena intensitas makan dan nongkrong berkurang. Tapi justru Anda bisa kecolongan untuk menjadi semakin boros apalagi setelah gajian dan mendapat uang THR-an di bulan Ramadan ini.

Mengendalikan pengeluaran selama bulan puasa agar tetap berada di dalam track normal dan keuangan tetap sehat adalah hal yang baik. Baik untuk keuangan dan kesehatan Anda, sebab kalau Anda terlalu boros tentu Anda bisa stres finansial.

Lalu bagaimana cara menghemat uang gajian yang didapatkan supaya di bulan Ramadan ini Anda tidak terlalu boros?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Kuncinya, memang ada pada diri Anda sendiri, niatan diri untuk yakin mau belajar mengendalikan pengeluaran selama bulan ramadhan, meskipun banyak godaannnya.

Simak tips mengatur uang gajian supaya tidak cepat habis selama bulan Ramadan, ulasan dari cermati.com berikut ini.

1. Belanja Dalam Jumlah Besar
Berbelanja dalam jumlah besar sesungguhnya bisa menghemat pengeluaran. Jika sebelumnya Anda terbiasa untuk berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar, misalnya untuk kebutuhan 2 minggu sekali atau untuk kebutuhan selama sebulan.

Penghematan yang Anda dapatkan sebetulnya akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja dalam jumlah besar dan sekaligus, Anda tidak harus membayar ulang ongkos transportasi, uang parkir maupun biaya bensin lagi. Kedua, toko atau supermarket selalu memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. Ketiga, tenaga Anda bisa digunakan untuk mengerjakan keperluan lainnya.

Tips: Usahakan untuk membuat daftar belanjaan saat pergi belanja. Supaya Anda bisa fokus dengan barang yang akan dibeli. Lalu, belanja jauh-jauh hari guna antisipasi naiknya harga-harga kebutuhan pokok yang relatif tinggi menjelang lebaran. Jangan lupa manfaatkan promo potongan belanja dengan belanja pakai kartu kredit supaya lebih hemat.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:18 WIB

BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:53 WIB
X