Disdik Jabar Ajak Guru dan Siswa Ikut Lomba Photo Alun-alun

- Rabu, 22 September 2021 | 16:57 WIB
Disdik Jabar gelar lomba Photo Photo Kreativitas Mu (PPKM) dengan tema Alun-alunku di Masa Pandemi. (ist)
Disdik Jabar gelar lomba Photo Photo Kreativitas Mu (PPKM) dengan tema Alun-alunku di Masa Pandemi. (ist)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM - Dinas Pendidikan Jawa Barat mengajak siswa dan guru maupun tenaga pendidik ntuk ambil bagian dalam lomba PPKM alias Photo Photo Kreativitas Mu (PPKM) dengan tema Alun-alunku di Masa Pandemi.

Kadisdik Jabar Dedi Supandi mengatakan masa pandemi covid-19 bukan berarti harus berhenti berkreasi. Terdapat ajang yang bisa menyalurkan kreativitas dengan hadiah menarik.

"Dengan lomba ini, diharapkan para peserta baik itu siswa dan siswi maupun para pendidik agar tetap berkreasi. Artinya jangan menjadikan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini sebagai halangan untuk menyalurkan kreativitas," ujar Dedi.

Dedi menyampaikan, para peserta dapat mengirimkan karyanya yang memiliki pesan optimisasi alun-alun sebagai ruang publik kota dan identitas kearifan lokal. Adapun batas waktu pengiriman karya bisa dilakukan pada 17 September hingga 1 Oktober 2021.

Para peserta juga diharuskan memenuhi persyaratan dan ketentuan umum sebanyak 10 poin untuk kategori siswa dan 9 poin kategori guru dan tenaga kependidikan. Untuk peserta kategori siswa, poin pertama yaitu merupakan Peserta Didik tingkat SMA, SMK, SLB di bawah pembinaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Sementara untuk kategori guru dan tenaga kependidikan harus guru dan tenaga kependidikan SMA, SMK dan SLB di bawah pembinaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat," katanya.

Pihaknya telah menyediakan gadget untuk para pemenang, mulai dari smartphone, tablet hingga laptop. Di harapkan hadiah ini dapat menjadi manfaat bagi para peserta baik siswa maupun guru dalam menjalankan aktivitas kesehariannya agar kian kreatif dan terus membuat karya.

Dia menjelaskan aspek penilaian terbagi dari tiga poin, yang pertama karya harus memiliki pesan yang kuat dalam rangka melestarikan dann optimlaisasi alun-alun sebagai ruang publik kota dan identitas kearifan lokal. Poin kedua, mengenai aspek teknis dilihat dari komposisi foto, pengambilan angle, moemen dan pencahayaan.

"Poin ketiga, yaitu dinilai dari artistik. Jadi keselarasan dan kedalaman visualisasi foto terhadap unsur tema harus baik," katanya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Persib Kalahkan Persija Lewat Drama Adu Penalti

Senin, 22 November 2021 | 17:22 WIB

Bolehkan Anak Minum Teh? Ini Penjelasannya

Rabu, 3 November 2021 | 19:04 WIB
X