Festival Kesenian Indonesia XI 2021: Ajang Silaturahmi Perguruan Tinggi Seni

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:50 WIB
Festival Kesenian Indonesia XI 2021. (ist)
Festival Kesenian Indonesia XI 2021. (ist)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM - Para seniman melalui Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia akan bertemu secara virtual dan menunjukan dedikasi untuk Indonesia dalam acara “Festival Kesenian Indonesia XI 2021”. Gelaran Festival ini menghadirkan 9 Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia, dimana helatan ini akan dihiasi ratusan karya.

Ketua Pelaksana Festival Kesenian Indonesia XI 2021, Ismet Ruchimat, mengatakan perhelatan kali ini mengangkat tema INDONESIAN ART SPIRIT : Diversitas & Ekosistem Budaya, yang dimana even ini selain menjadi ajang silaturahmi bagi para Perguruan Tinggi Seni (PTS) kegiatan ini juga dirancang dengan tujuan mempresentasikan keberadaan serta keragaman seni pertunjukan Indonesia melalui karya mahasiswa ISBI Bandung.

“Even ini menjadi ajang silaturahmi bagi mahasiswa seluruh perguruan tinggi seni Se-Indonesia dalam konsentrasi pemajuan kebudayaan nasional melalui inovasi karya seni mahasiswa khususnya ISBI Bandung. Selain itu pemberian ruang bagi keanekaragaman budaya secara maksimal untuk memungkinkan tiap entitas budaya memiliki pertumbuhan dengan baik yang dirangsang oleh mahasiswa seni akademisi Bandung kepada masyarakat,” kata Ismet.

Dikatakan Ismet, adapun tujuan lainnya, menjadi media apresiasi bagi mahasiswa seni akademisi juga masyarakat terkait perkembangan serta kemajuan senibudaya di Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti oleh sembilanperguruan Tinggi Seni (PTS) yang terdiri dari ISBI Aceh, ISI Padang Panjang , ISBI Bandung, Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, ISI Denpasar dan ISBI Tanah Papua,” ucap Ismet.

Ismet mengatakan, dalam Festival Kesenian Indonesia XI 2021, rangkain acara akan dibagi kedalam tiga segmentasi. Pertama pertunjukan, kedua pameran (eksebisi virtual) dan yang ketiga Seminar Internasional.

Ismet menjelaskan dalam segmen pertunjukan akan menghadirkan konten yang didelegasikan oleh setiap PTS yakni karya mahasiswa dengan bentuk pertunjukan yang inovatif dan memiliki nilai-nilai tradisi dari setiap daerahnya yang dapat mencerminkan kekuatan tradisi serta keberagaman etnik yang ada di Indonesia.

“Dalam segmen pertunjukan ada karua musik, karya tari, karya teater, dan ada karya film dokumenter,” ujarnya.

Untuk segmen kedua pameran (eksibisi virtual ini akan diadakan pameran virtual yang akan diisi oleh karya-karya mahasiswa senirupa, dan fotografi dari perguruan tinggi seni se-Indonesia selain ISBI Bandung. Menurut Ismet karya-karya ini akan disusuns ecara virtual yang menarik.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Persib Kalahkan Persija Lewat Drama Adu Penalti

Senin, 22 November 2021 | 17:22 WIB

Bolehkan Anak Minum Teh? Ini Penjelasannya

Rabu, 3 November 2021 | 19:04 WIB
X