Bolehkan Anak Minum Teh? Ini Penjelasannya

- Rabu, 3 November 2021 | 19:04 WIB
Bolehkan Anak Konsumsi Teh? Ini Penjelasannya. (Pixabay)
Bolehkan Anak Konsumsi Teh? Ini Penjelasannya. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM - Tidak ada aturan baku kapan anak diperbolehkan minum teh, termasuk teh manis. Namun sebagian besar masyarakat meyakini jika anak sudah bisa mengkonsumsinya diusia 2 tahun meski harus tetap dibatasi.

Sebab, setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun anak masih belajar menerima jenis makanan baru, yaitu makanan pendamping ASI (MPASI).

Teh juga sebaiknya belum diberikan kepada anak di usia ini karena saluran cerna anak masih beradaptasi dengan tekstur makanan baru.

Dikutip dari klikdokter.com, dosis maksimal pemberian teh manis untuk anak adalah satu cangkir per hari. Pemberiannya dilakukan di luar waktu makan.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat bagi Anak Sikat Gigi?

Bila lebih dari anjuran tersebut, dikhawatirkan akan muncul dampak negatif yang tidak diinginkan. Berikut beberapa bahaya kelebihan konsumsi teh manis untuk balita.

1. Meningkatkan Risiko Anemia Defisiensi Zat Besi

Teh mengandung zat bernama fitat yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam saluran cerna, terutama zat besi yang berasal dari sumber tumbuh-tumbuhan.

Nah, jika anak terbiasa makan sambil minum teh, maka penyerapan zat besi dari makanan akan terganggu sehingga dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan anemia akibat kekurangan zat besi.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persib Kalahkan Persija Lewat Drama Adu Penalti

Senin, 22 November 2021 | 17:22 WIB

Bolehkan Anak Minum Teh? Ini Penjelasannya

Rabu, 3 November 2021 | 19:04 WIB
X