Hari Ibu 22 Desember, 3 Hadis Keutamaan Berbakti Kepada Ibu

- Rabu, 22 Desember 2021 | 18:39 WIB
Hari Ibu 22 Desember, 3 Hadis Keutamaan Berbakti Kepada Ibu. (Pixabay)
Hari Ibu 22 Desember, 3 Hadis Keutamaan Berbakti Kepada Ibu. (Pixabay)

AYOPURWAKARTA.COM - Dalam ajaran agama Islam, ibu adalah orang yang paling mulia. Ibu rela berkorban apa saja untuk semua anak-anaknya. Di dalam beberapa hadis disebutkan tentang keutamaan berbakti kepada seorang ibu.

Jasa ibu sangatlah luar biasa dan sangat besar bagi anak-anaknya. Mulai dari mengandung selama 9 bulan, berjuang antara hidup dan mati saat melahirkan hingga mendidik anak.

Kendati anaknya sudah besar dan memiliki keluarga, seorang ibu tetap memiliki perasaan bahwa anaknya itu adalah anak-anak yang butuh perhatian.

Kebiasaannya seperti mengingatkan atau menanyakan untuk makan saat anaknya masih kecil, hingga dewasa pun masih selalu dilakukan.

Saking mulianya seorang ibu, maka tak heran jika sosoknya selalu diperingati setiap tahunnya. Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember.

Penentuan 22 Desember sebagai Hari Ibu diresmikan Presiden Soekarno melalui Keputuan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1958 pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Karena kemuliaan sosok ibu, Islam pun menempatnya sebagai orang yang paling mulia. Selaku anak-anaknya, kita pun diwajibkan untuk lebih dulu menghormati ibu terlebih dahulu sebelum ayah. Hal tersebut tertulis dalam Alquran di Surat Luqman ayat ke 14.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kamu kembali”

Berikut ini 3 hadis yang menjelaskan tentang keutamaan berbakti kepada ibu.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:08 WIB

Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:18 WIB

BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:53 WIB

Hari Ibu, Ridwan Kamil Masak Jengkol Sambal Hijau

Rabu, 22 Desember 2021 | 21:20 WIB
X