Menjaga Anak Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Berikut Ulasannya

- Rabu, 22 Desember 2021 | 18:59 WIB
Menjaga Anak Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Berikut Ulasannya. (Pixabay)
Menjaga Anak Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Berikut Ulasannya. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM - Pergantian musim atau biasa disebut pancaroba kerap kali menimbulkan penyakit yang menyerang tubuh kita, termasuk pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya tidak sama dengan orang dewasa.

Si kecil harus diberi perhatian khusus ketika tiba musim hujan agar kondisi kesehatannya tidak terserang penyakit yang menyebabkan anak sakit seperti batuk, pilek, diare, muntah, atau demam.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba? Apa saja yang harus diperhatikan orangtua agar anak terhindar dari berbagai penyakit yang kerap muncul di musim pancaroba?

Dikutip dari laman klikdokter.com simak ulasannya berikut ini agar anak tidak terserang penyakit di musim hujan.

1. Rajin Mencuci Tangan

Mengajarkan anak cara mencuci tangan serta membiasakan anak mencuci tangan sesering mungkin merupakan kebiasaan yang baik untuk mencegah berbagai penyakit. Ini karena tangan manusia adalah sarang kuman.

Biasakan anak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer. Lakukan sebelum dan sesudah makan, setelah buang air, setelah bermain di luar rumah, dan setelah menyentuh benda kotor atau hewan.

2. Memelihara Kebersihan

Untuk menjaga kesehatan anak saat musim pancaroba, caranya bisa dengan memastikan si kecil mandi secara teratur (dua kali sehari). Pastikan juga pakaian anak, rumah, dan lingkungan rumah selalu bersih.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Sumber: Klikdokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:08 WIB

Terpopuler

X