Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

- Selasa, 18 Januari 2022 | 20:08 WIB
Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan untuk segera meminta maaf kepada masyarakat Sunda.

Permintaan ini buntut kegaduhan yang dibuat Arteria dengan meminta Jaksa Agung mengganti Kajati yang menggunakan Bahasa Sunda dalam rapat kerja pada Senin 17 Januari 2022 kemarin.

"Saya mengimbau Pak Arteria Dahlan sebaiknya meminta maaf kepada masyarakat Sunda di Nusantara ini. Kalau tidak dilakukan, pasti akan bereskalasi," katanya, Selasa 18 Januari 2022.

Menurutnya permintaan maaf Arteria akan membuat situasi kondusif, mengingat orang Sunda pemaaf. "Sebenarnya orang Sunda itu pemaaf ya, jadi saya berharap itu dilakukan," katanya.

Ia mengatakan ada dua jenis masyarakat dalam melihat perbedaan. Pertama ada yang melihat perbedaan itu sebagai kekayaan, sebagai rahmat. Ia berharap mayoritas warga melihat perbedaan dengan cara ini.

Kelompok kedua, katanya, ada yang melihat perbedaan sebagai sumber kebencian dan itu yang harus dilawan.

"Saya menyesalkan statement dari Pak Arteria Dahlan terkait masalah bahasa ya, yang ada ratusan tahun atau ribuan tahun, menjadi kekayaan Nusantara ini," katanya.

Ridwan Kamil mengatakan jika Arteria tidak nyaman dengan penggunaan Bahasa Sunda, tinggal disampaikan secara sederhana. Tapi kalau bentuknya meminta untuk diberhentikan jabatan, menurutnya terlalu berlebihan. 

"Tidak ada dasar hukum yang jelas dan saya amati ini menyinggung banyak pihak warga Sunda di mana-mana. Saya sudah cek ke mana-mana. Saya kira tidak ada di rapat yang sifatnya formal dari A sampai Z nya Bahasa Sunda," katanya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB

Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:08 WIB
X