Singgung Program Citarum Harum, Ridwan Kamil: Lebih Bagus dari Dulu

- Rabu, 13 Januari 2021 | 14:19 WIB
Salah satu titik Sungai Citarum dengan keadaan bersih. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Salah satu titik Sungai Citarum dengan keadaan bersih. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Forkopimda Jawa Barat melakukan penyusuran Sungai Citarum di Sektor 6. Sungai yang sempat disebut sebagai sungai tercemar didunia itu diklaim telah jauh lebih bersih.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kondisi Sungai Citarum saat ini lebih bagus dibanding sebelum adanya Program Citarum Harum.

"Lebih bagus dari dulu, barusan saya tidak melihat sampah, tidak ada bangunan yang menempel ke sungai sepanjang yang saya lalui," tutur Ridwan Kamil, selepas melakukan susur Sungai Citarum, Rabu (13/1/2021).

Dengan kondisi pencemaran yang telah berkurang, Forkopimda Jawa Barat melakukan penaburan benih ikan yang diharapkan ke depan bisa dipancing oleh masyarakat di sepanjang sungai.

Walau demikian, proses penyelesaian Citarum akan terus dilakukan sampai benar-benar bersih.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, berbeda dengan sebelum ada Program Citarum Harum, ekosistem Sungai Citarum saat ini jauh lebih baik, sehingga ikan bisa hidup dengan sehat.

"2018, Citarum dalam keadaan tercemar berat, sekarang statusnya tercemar ringan. Ikan sudah bisa hidup di Citarum, dulu dua tiga hari juga kerena tercemar berat, ikan langsung mati," ungkapnya.

Dengan kondisi pencemaran yang semakin menurun, maka Pangdam berharap agar semua pihak sama-sama menjaga dan melestarikannya, supaya anak cucu bisa kembali merasakan hidup dari Citarum melalui kekayaan ekosistemnya.

Penyelesaian pencemaran di sungai Citarum ditargetkan rampung pada 2025, dengan progres yang baik, pada tahun tersebut diyakini Citarum bisa kembali jernih seperti dulu.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Kenali Penyebab Batuk dan Cara Penyembuhan di Rumah

Selasa, 14 September 2021 | 19:48 WIB

Migran saat Bangun Tidur, Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Rabu, 8 September 2021 | 18:08 WIB

Satuan Pelayanan Jadi Perhatian Komisi II DPRD Jabar

Senin, 30 Agustus 2021 | 22:41 WIB

Sastra Sunda: NU CÉPLAK JEUNG SEUHAH

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:05 WIB
X