Efek Berhubungan Seks Setara dengan Olahraga, Kok Bisa?

- Senin, 22 Februari 2021 | 20:17 WIB
[ilustrasi] berhubungan intim (Shutterstock)
[ilustrasi] berhubungan intim (Shutterstock)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Berhubungan seksual dapat disebut sebagai olahraga karena dapat membakar kalori. Tapi, sebenarnya berapa banyak kalori yang terbakar?

Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa berhubungan seks sama seperti olahraga ringan hingga sedang.

Menurut studi, pria membakar rata-rata 101 kalori saat bercinta, atau sekitar 4,2 kalori dibakar per menit. Sementara wanita membakar 69 kalori atau sekitar 3,2 per menit.

Hasil ini berasal dari studi kecil pada 2013 yang membandingkan banyaknya kalori terbakar pada pasangan muda sehat saat berhubungan intim selama 25 menit dengan berlari di treadmill selama 30 menit.

Peneliti menemukan selama sesi aktivitas seksual, termasuk foreplay, hubungan seksual, dan orgasme, pria membakar 101 kalori dan wanita 68,1 kalori.

"Ada semacam pengeluaran energi (saat berhubungan seks) tapi tidak terlalu besar," kata Antony Karelis, PhD, salah satu penulis studi dan profesor di departemen ilmu olahraga di University of Quebec, Montreal, dilansir Insider.

Ulasan pada 2013 lainnya menyimpulkan hasil yang serupa. Seorang pria berusia 30 tahunan mungkin membakar 21 kalori selama bercinta enam menit.

Meski begitu, pembakaran kalori bersifat individual. Artinya, seseorang kemungkinan hanya membakar lebih sedikit atau bahkan, lebih banyak, kalori dari hasil penelitian ini.

Agar dapat membakakat kalori lebih banyak, Karelis menyarankan untuk mengambil kendali dan memposisikan 'di atas', atau bisa juga berganti posisi secara bergiliran dengan pasangan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Persib Kalahkan Persija Lewat Drama Adu Penalti

Senin, 22 November 2021 | 17:22 WIB

Bolehkan Anak Minum Teh? Ini Penjelasannya

Rabu, 3 November 2021 | 19:04 WIB
X