Sering Makan Telur Bisa Tingkatkan Risiko Kardiovaskular

- Jumat, 28 Mei 2021 | 22:11 WIB
Telur. (Pixabay)
Telur. (Pixabay)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan makanan. Namun, ada juga beberapa potensi kerugian yang harus diperhatikan, jika terlalu banyak makan makanan tertentu. Salah satunya telur.

Pertama-tama, mari mulai dengan hal-hal positif. Kuning telur mengandung lutein, yaitu sejenis vitamin yang disebut karotenoid. Ini juga terkait dengan beta-karoten, yang memiliki sifat antioksidan.

Dilansir dari Eat This, vitamin dalam telur telah terbukti membantu melindungi kesehatan mata, yakni mencegah katarak dan memperbaiki gejala yang terkait dengan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Alasan lain untuk memakan kuning telur? Kuning telur sarat dengan banyak nutrisi penting lainnya seperti vitamin B, selenium, dan fosfor. Namun, satu hal yang mungkin membuat kita menjauh dari telur adalah kandungan kolesterolnya.

Setiap telur mengandung sekitar 200 miligram kolesterol. Belum lagi, telur juga mengandung lemak jenuh. Makan makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh diketahui menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology menemukan, orang yang rutin makan telur memiliki risiko hampir 20 persen lebih tinggi mengalami masalah kardiovaskular.

Tetapi, penelitian juga menunjukkan, kolesterol yang dikonsumsi dari sumber makanan (seperti kuning telur) tidak serta merta meningkatkan kolesterol dalam darah. Sebab, hati yang menghasilkan kolesterol menyesuaikan berapa banyak yang dibuatnya (tergantung pada asupan kolesterol makanan) untuk membantu meratakan tingkat kolesterol.

Ini mungkin alasan mengapa bagi kebanyakan orang, kadar kolesterol mereka tidak naik sama sekali saat mereka makan telur.

Studi lainnya mengungkapkan, pada 70 persen orang, telur tidak meningkatkan kadar kolesterolnya sama sekali. Dalam konteks lain, 30 persen orang lainnya mengalami sedikit peningkatan kadar kolesterol total dan LDL.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:08 WIB

Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:18 WIB

BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:53 WIB

Hari Ibu, Ridwan Kamil Masak Jengkol Sambal Hijau

Rabu, 22 Desember 2021 | 21:20 WIB
X