Hari Anak Nasional: Jurnalis Ayobogor.com Sabet Penghargaan Insan Pers Ramah Anak

- Jumat, 23 Juli 2021 | 19:20 WIB
Yogi Faisal, Jurnalis Ayobogor.com menerima penghargaan dari KPAID Kota Bogor. (Ayobogor.com)
Yogi Faisal, Jurnalis Ayobogor.com menerima penghargaan dari KPAID Kota Bogor. (Ayobogor.com)

BOGOR, AYOPURWAKARTA.COM - Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada Jumat 23 Juli 2021 hari ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor, luncurkan program pelayanan konseling berbasis online bagi masyarakat Kota Bogor.

Dalam peluncuran program E-Konseling itu, KPAID Kota Bogor juga memberikan penghargaan kepada insan pers yang konsen terhadap isu-isu anak di Kota Bogor. Bahkan insan pers tersebut mendapatkan piagam penghargaan berupa lencana penghargaan, sebagai wartawan layak anak Kota Bogor.

"Kepada Yogi Faisal dari Ayomedia Network (ayobogor.com) dan Shabrina Zakaria dari Republika, kami haturkan terimakasih banyak karena selalu fokus mengawal persoalan dan isu-isu strategis tentang anak di Kota Bogor," ujar Komisioner KPAID Kota Bogor Sumedi, Jumat 23 Juli 2021.

Ketua KPAID Kota Bogor Dudih Syiarudin mengatakan, diluncurkannya program bertajuk 'E-Konseling' itu demi memberikan sekaligus memudahkan pelayanan konseling kepada masyarakat. Khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Seperti kita ketahui bersama, di masa pandemi Covid-19 ini, kita semua sulit beraktivitas karena banyak pembatas kegiatan masyarakat. Makannya kami mensiasati inik semua dengan memanfaatkan pelayanan berbasis daring bagi masyarakat lewat E-Konseling ini," katanya

Dengan adanya program E-Konseling itu, masyarakat tetap bisa berkonsultasi dengan psikolog dan psikiater yang sudah disiapkan KPAID Kota Bogor.

"Jadi meskipun di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat tetap bisa berkonsultasi dengan layanan E-Konseling ini. Jadi kami tetap bisa memberikan berbagai perhatian, pelayanan, untuk menjawab berbagai keresahan masyarakat. Supaya masyarakat di masa pandemi sekalipun, minimal masalahnya bisa terurai," ujarnya.

Komisioner KPAID Kota Bogor Sumedi menjelaskan, secara umum, E-Konseling tersebut menyediakan tiga layanan utama. Pertama, layanan untuk persoalan anak, persoalan keluarga hingga persoalan untuk kaum perempuan.
 
Tak hanya itu, dalam E-Konseling juga masyarakat bisa berkonsultasi tentang berbagai keluhan pada anak. Seperti konsultasi terkait pembelajaran daring, yang saat ini tengah menjadi metode pembelajaran utama yang dilakukan sejumlah satuan pendidikan.

"Orang tua juga bisa konsultasi soal kesulitan pembelajaran jarak jauh. Karena ada saja orang tua yang merasa kesulitan menghadapi anak yang belajar daring. Karena permasalahan ini bisa memunculkan efek lain, kemungkinan akan ada kekerasan terjadi akibat efek jenuhnya pembelajaran daring," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Kenali Penyebab Batuk dan Cara Penyembuhan di Rumah

Selasa, 14 September 2021 | 19:48 WIB

Migran saat Bangun Tidur, Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Rabu, 8 September 2021 | 18:08 WIB

Satuan Pelayanan Jadi Perhatian Komisi II DPRD Jabar

Senin, 30 Agustus 2021 | 22:41 WIB
X