Triple Untung Plus, Ringankan Masyarakat Subang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:05 WIB
Triple Untung Plus, Ringankan Masyarakat Subang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor. (Mildan)
Triple Untung Plus, Ringankan Masyarakat Subang Bayar Pajak Kendaraan Bermotor. (Mildan)

SUBANG, AYOPURWAKARTA.COM -- Triple Untung Plus yang baru diluncurkan Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat membantu masyarakat di Kabupaten Subang dalam meringankan beban pajak kendaraan bermotor. Hari pertama program Triple Untung Plus di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Subang, disambut sukacita oleh masyarakat yang hendak membayar pajak kendaraan. Tidak sedikit wajib pajak yang merasa terbantu oleh program yang akan berlangsung sampai Desember 2021 ini.

Salah seorang wajib pajak, Desi Rahmawati, mengaku adanya program Triple Untung Plus sangat meringankan dirinya yang terlambat membayar pajak sepeda motor.
"Ini program bagus. Jadi meringankan pembayaran kendaraan saya. Kalau ada dendanya, kan harus keluar biaya tambahan. Ini sangat membantu dan meringankan, apalagi sekarang sedang dalam masa pandemi," ujar Desi ketika diwawancara di Kantor P3DW Subang, Senin, 2 Agustus 2021.

Agun Hidayatulloh, seorang driver ojek daring mengaku senang dengan penghapusan denda pajak sepeda motornya yang terlambat membayar pajak. Penghasilannya dari ojek daring saat pandemi ini berkurang drastis, sehingga dia terlambat membayar pajak. "Saat jatuh tempo, uangnya belum ada. Pas bayar sekarang, ternyata ada penghapusan denda. Sangat membantu, saya ucapkan terima kasih karena diringankan dengan penghapusan denda," ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh AM Cahya Mustofa yang hendak melakukan balik nama kendaraan. Penghapusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dalam program Triple Untung Plus sangat meringankan bagi dirinya. "Uang untuk BBN Kendaraan Bermotor jadi bisa digunakan untuk keperluan lain," katanya.

Begitu juga diakui oleh Nuryatin, ibu rumah tangga tersebut jadi memiliki uang lebih untuk keperluan rumah tangga karena tidak harus membayar BBN Kendaraan Bermotor. "Jadi, meringankan beban masyarakat," ucapnya.

Baik Nuryatin, Cahya juga yang lainnya bahkan mengaku akan mengabarkan adanya program Triple Untung Plus kepada tetangga, keluarga dan sanak saudara untuk segera melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, karena ada sejumlah keuntungan yang akan didapat dan meringankan masyarakat.

Kepala P3DW Subang Lovita Andriana Rosa mengatakan, Triple Untung Plus merupakan program dari Bapenda Jawa Barat untuk memberikan relaksasi kepada wajib pajak kendaraan bermotor dengan tiga keuntungan plus diskon. Keuntungan pertama yang didapat adalah pembebasan denda pajak kendaraan bermotor diberikan kepada masyarakat Jawa Barat yang terlambat membayar pajak kendaraan.

Keuntungan kedua adalah Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke-2 dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya.

Keuntungan ketiga adalah Pembebasan Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun ke-5 kepada wajib pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun. "Plus ada diskon bagi wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar lebih awal atau membayar pajak kendaraan bermotor sebelum jatuh tempo," katanya.

Diskon tersebut disesuaikan dengan jatuh tempo. Paling kecil diskon diberikan sebesar 2% dan paling besar diskon disberikan mencapai 10% tergantung dari lama waktu pembayaran pajak sebelum jatuh tempo. Triple Untung Plus tersebut, lanjut Lovita, bertujuan meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Terlebih saat ini sedang dalam masa pandemi covid-19, program tersebut akan membantu meringankan beban masyarakat.

Tujuan lain dari program tersebut adalah menertibkan administrasi kendaraan bermotor juga menekan pertumbuhan kendaraan tidak melakukan daftar ulang juga tidak melakukan kewajiban membayar pajak kendaraan. "Ini juga sebagai optimalisasi penerimaan pajak dari kendaraan bermotor," katanya.

Dia berharap adanya program Triple Untung Plus bisa menjadi stimulus kepada masyarakat untuk membayar pajak kendaraan lebih awal karena diberi diskon, juga wajib pajak yang terlambat membayar karena diberi penghapusan denda juga masyarakat yang belum melakan balik nama kendaraan. "Selain mendapat keringanan, membayar pajak kendaraan bermotor juga secara tidak langsung akan membantu masyarakat menghadapi pandemi, karena pajak yang dibayarkan akan dikembalikan kepada masyarakat untuk dijadikan pelbagai program pemerintah, termasuk penanggulangan covid-19," ujarnya.

Untuk menggenjot pembayaran pajak selama program Triple Untung Plus P3DW Subang menggandeng sejumlah pihak sampai tingkat desa untuk menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait program tersebut

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Perbedaan DBD dan Chikungunya Yang Harus Diketahui

Rabu, 22 September 2021 | 19:11 WIB

Kenali Penyebab Batuk dan Cara Penyembuhan di Rumah

Selasa, 14 September 2021 | 19:48 WIB

Migran saat Bangun Tidur, Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Rabu, 8 September 2021 | 18:08 WIB

Satuan Pelayanan Jadi Perhatian Komisi II DPRD Jabar

Senin, 30 Agustus 2021 | 22:41 WIB
X