Ini Alasan Suntik Vaksin Covid-19 di Bagian Lengan

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 17:51 WIB
Suntik vaksin covid-19 di bagian lengan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Suntik vaksin covid-19 di bagian lengan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM - Vaksin Covid-19 menjadi yang paling banyak dicari saat ini. Saat ini, pemerintah berupaya agar seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 demi mencapai herd imunity.

Vaksin bertujuan merangsang tubuh untuk membentuk antibodi terhadap virus Covid-19. Diharapkan, saat tubuh terinfeksi virus, gejala yang timbul tidak terlalu berat.

3 jenis vaksin telah diberikan untuk masyarakat Indonesia, mulai dari Sinopharm, Sinovac, hingga AstraZeneca. Bahkan, sebanyak 1.560.780 dosis vaksin jenis Pfizer telah sampai ke Indonesia pada 19 Agustus 2021 lalu. Pemerintah telah mengerahkan kementerian kesehatan untuk segera mengatur pemberian vaksinasi ini.

Pertanyaan selanjutnya yang banyak dipertanyakan ialah, “mengapa mayoritas vaksin disuntikkan pada bagian lengan atas? Mengapa tidak di bagian lain?”.

Devika Yuldharia, seorang dokter, menuliskan jawabannya melalui laman Alodokter, bahwa penyuntikkan vaksin Covid-19 tidak boleh disuntikkan sembarang. Harus secara intramuskular ke dalam otot.

Intramuskular artinya vaksin akan bekerja maksimal di bagian tubuh yang memiliki cukup jaringan otot untuk menyerap dosis vaksin. Lengan merupakan salah satu area penyuntikan intramuskular. Area lainnya ialah paha luar ataupun pantat.

Mengingat efek samping dari vaksin Covid-19 berupa nyeri dan bengkak di area suntikan, maka baiknya suntikan dilakukan pada lengan bagian atas. Biasanya lengan yang dipilih ialah kiri agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun bila aktivitas dominan menggunakan lengan kiri, atau kidal, Anda bisa menginformasikan Nakes supaya vaksin disuntikkan di lengan kanan.

Selain itu, bagian lengan memiliki otot yang memiliki sel-sel kekebalan penting. Sel kekebalan tersebut akan memproduksi antigen yang dibawa oleh vaksin untuk merangsang respon kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Umumnya, diameter jarum suntik yang digunakan untuk vaksin Covid-19 memiliki diameter 5-10 mL, dengan panjang 6-8 cm. Cairan vaksin langsung dimasukkan ke dalam otot yang memiliki banyak pembuluh darah dan menghindari kemungkinan untuk menusuk saraf. Obat dalam cairan vaksin pun bisa diserap lebih cepat oleh tubuh.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Alasan Suntik Vaksin Covid-19 di Bagian Lengan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 17:51 WIB

Doa-Doa agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Rabu, 14 Juli 2021 | 12:35 WIB

Tips Melakukan Perawatan Rem Cakram Sepeda Motor

Selasa, 13 Juli 2021 | 18:08 WIB

Cek, BLT Apa Saja yang Disalurkan Pekan Ini?

Jumat, 9 Juli 2021 | 10:07 WIB
X